Friday 5 October 2012

Matematikawan terbesar

Spoiler for Al Khawarizmi:


Karya klasikalnya yang terbaik di bidang aljabar adalah buku Al-Mukhtasar di Hisab al-jabr wa l-Muqabala. Buku ini juga diterjemahkan dalam bahasa Latin pada abad pertengahan dan menjadi rujukan utama sejarah matematika.
Para pemikir Muslim mewarisi ilmu matematika jauh sebelum peradaban Yunani dan Hindu. Kontribusi Muslim terhadap perkembangan ilmu matematika dimulai sejak awal abad kedelapan sampai pertengahan abad ke-15. Para ahli matematika Muslim itu umumnya berasal dari Iran atau Irak yang muncul bergantian sejalan dengan adanya peperangan selama periode itu.
Perkembangan ilmu mataematika meluas ke wilayah barat melalui Turki dan Afrika Utara termasuk sebagian besar wilayah Spanyol sampai perbatasan Cina. Al Khawarizmi, ahli matematika dan astronomi dari Persia, memperkenalkan sebuah metode yang hampir sama dengan penjumlahan bilangan akar kuadrat. Dia juga merupakan orang yang memperkenalkan konsep pengurangan untuk variabel bilangan kuadrat.
Dia juga menyempurnakan dan mengembangkan geometri dengan persamaan kuadrat yang mempunyai dua variabel, seperti lingkaran, elip, parabola, dan hiperbola. Berkat dia, kita kini mengenal istilah aljabar yang merupakan terjemahan dari bahasa Arab Al-Jabr yang diambil dari judul bukunya yang paling terkenal, yaitu Al-Jabr wa l-Muqabala (buku tentang pengurangan dan persamaan).
Aljabar adalah penggabungan teori bilangan-bilangan rasional, irasional, dan geometri. Konsep ini memberikan dimensi dan pengembangan teori matematika yang benar-benar baru dibandingkan teori-teori sebelumnya. Aljabar pulalah yang menjadi dasar pijakan
pengembangan teori matematika selanjutnya. Aspek penting lain dari teori aljabar adalah dimungkinkannya penerapan matematika untuk bidang keilmuan eksak lainnya yang belum pernah terjadi di masa lalu.
Khawarizmi adalah salah seorang ilmuwan terhebat pada abad pertengahan dan merupakan ahli matematika terpenting yang terkenal dengan sebutan Bapak Aljabar. Dia menulis buku Al-Jem wa l-afraq bi Hisab al-Hind yang juga disebut Hisab al-Adad al-Hind pada bidang aritmatika yang menggunakan bilangan numerik India termasuk angka nol dan notasi desimal untuk pertama kalinya. Hal ini berkaitan dengan empat operasi dasar matematika, yaitu penambahan, pembagian, pengurangan, dan perkalian.

Quote:Spoiler for Pythagoras of Samos:


Matematikawan Yunani Pythagoras dianggap oleh beberapa orang menjadi salah satu ahli matematika besar yang pertama. Tinggal di sekitar 570-495 SM, di Yunani modern, ia dikenal memiliki kultus Pythagoras, yang dicatat oleh Aristoteles menjadi salah satu dari kelompok pertama untuk secara aktif belajar dan matematika mengenal. Ia juga sering disebut dengan Teorema Pythagoras dalam trigonometri. Teorema memainkan peranan besar dalam pengukuran peralatan modern dan teknologi, serta menjadi dasar sebagian besar dalam matematika. Jadi, dia bisa disebut bapak matematika modern.

Quote:Spoiler for Andrew Wiles:


Ahli matematika yang masih hidup di dalam daftar ini, Andrew Wiles yang paling terkenal untuk bukti tentang Teorema Terakhir Fermat: Bahwa tidak ada bilangan bulat positif, a, b, dan c dapat memuaskan persamaan n a^ n + b ^n = c^ n Untuk n yang lebih besar kemudian 2. (Jika n = 2 itu adalah Formula Pythagoras). Walaupun kontribusi untuk matematika tidak, mungkin, semegah lain dalam daftar ini, dia 'menemukan' sebagian besar matematika baru untuk bukti tentang teorema. Selain itu, dedikasinya sering dikagumi oleh sebagian besar ilmuan, karena ia secara harfiah mengurung diri pergi selama 7 tahun untuk merumuskan solusi. Ketika ditemukan bahwa solusi yang terdapat kesalahan, ia kembali ke kesendirian selama setahun lebih supaya solusi itu diterima. Dan akhirnya kontribusinya di terima.

Quote:Spoiler for Isaac Newton and Wilhelm Leibniz:


Saya telah menempatkan mereka berdua dan diberi kehormatan menjadi 'penemu' dari kalkulus modern, dan dengan demikian keduanya memberikan kontribusi monolitik ke lapangan. Untuk memulai, Leibniz sering memperkenalkan notasi standar modern, terutama tanda 'integral'. Dia membuat sumbangan besar untuk bidang Topologi. Isaac Newton telah, umumnya menjadi orang utama dipuji oleh sebagian besar menjadi penemu kalkulus yang sebenarnya.

Quote:Spoiler for Leonardo Pisano Blgollo:


Blgollo, juga dikenal sebagai Leonardo Fibonacci, adalah salah satu matematikawan terbesar abad pertengahan. Hidup pada tahun 1170-1250, ia memperkenalkan Seri Fibonacci di dunia barat. Meskipun dikenal matematikawan India sejak sekitar 200 SM, selain matematika ia juga sering muncul dalam sistem biologi. Selain itu, dari fibonacci ini juga memberikan kontribusi besar terhadap pengenalan sistem penomoran Arab.
Haven menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Afrika Utara ia belajar sistem penomoran Arab, dan setelah menyadari itu jauh lebih sederhana dan lebih efisien daripada angka Romawi, ia memutuskan untuk hijrah ke dunia Arab dan belajar dari matematikawan terkemuka. Setelah kembali ke Italia pada 1202, ia memperkenalkan angka arab, dan menganjurkan penggunaannya. Dia adalah yang mengadopsi angka arab ke Eropa.

Quote:Spoiler for Alan Turing:


Ilmuwan komputer dan kriptanalis Alan Turing dianggap menjadi salah satu pemikir terbesar dari abad ke-20. Setelah bekerja dalam Kode Cypher Pemerintah dan Sekolah di Inggris selama perang dunia kedua, ia membuat penemuan penting dan membantu dalam kracking enkripsi Enigma Jerman. Tidak diragukan lagi mempengaruhi hasil dari perang Jerman.
Setelah berakhirnya perang ia menginvestasikan waktu di komputasi. Setelah datang dengan ide mesin komputasi gaya sebelum perang, ia dianggap salah satu ilmuwan komputer yang pertama.

Quote:Spoiler for René Descartes:


Filsuf Perancis, fisika dan matematika Rene Descartes terkenal atas filsafatnya 'Cogito Ergo Sum'. Meskipun demikian, warga Prancis yang tinggal pada tahun1596-1650. Di samping Newton dan Leibniz, Descartes membantu memberikan dasar-dasar kalkulus modern. Di adalah penemu istilah sumbu X dan Y atau disebut Cartesian Geometri, dikenal kebanyakan sebagai grafik standar (garis grid Square, sumbu x dan y, dll) dan penggunaan aljabar untuk menggambarkan berbagai lokasi seperti . Sebelum ini geometri yang paling sering digunakan kertas biasa (atau material lain atau permukaan) untuk membentuk sebelumnya seni mereka. Dia menemukan teori skala, seperti skala pada peta, sehingga tidak perlu lagi mengukur/menghitung sesuatu secara manual.

Quote:Spoiler for Euclid:


Yang tinggal di sekitar abad 300SM, dia dianggap sebagai Bapak Geometri dan opus magnum-nya: "Elements", adalah salah satu karya matematika terbesar dalam sejarah, yang digunakan dalam pendidikan sampai abad ke-20. Sayangnya, sangat sedikit yang diketahui tentang kehidupannya, dan apa yang di ditulis nya. Di samping Elements, lima karya yang masih hidup lainnya, diduga telah ditulis oleh dia, umumnya tentang topik Geometri atau teori Nomor.

Quote:Spoiler for G. F. Bernhard Riemann:


Bernhard Riemann, lahir dari keluarga miskin pada tahun 1826, dan meningkat menjadi salah satu matematikawan terkemuka dunia di abad 19. Daftar sumbangan untuk geometri yang besar, dan dia memiliki berbagai teorema . seperti: Geometri Riemann, permukaan Riemann dan Riemann Integral. Ia mungkin yang paling terkenal dengan teorema yang sulit yaitu Riemann Hipotesis, sempat diabaikan oleh dunia dan mendapat kontroversi dari berbagai ahli matematika lainnya tapi teorinya kembali dipakai hingga sekarang. Dia juga sempat mendapat penghargaan Nobel.

Quote:Spoiler for Carl Friedrich Gauss:


Anak ajaib Gauss, dikenal sebagai 'Pangeran Matematika', membuat penemuan pertama besar ketika masih remaja, dan menulis Disquisitiones Arithmeticae atau Aritmetika yang luar biasa, pada saat ia berumur 21 tahun. Dia dikirim ke Collegium Carolinum sebelum ia berangkat ke Gottingen (pada saat itu adalah universitas matematika paling bergengsi di dunia). Setelah lulus pada tahun 1798 (pada usia 22), ia mulai membuat kontribusi penting di bidang utama matematika, terutama teori bilangan (terutama pada nomor Perdana). Dia melanjutkan untuk membuktikan teorema dasar aljabar, dan memperkenalkan konstanta gravitasi Gauss dalam fisika, serta banyak lagi - semua ini sebelum dia berusia 24 tahun! Ia melanjutkan pekerjaannya sampai meninggal pada usia 77 tahun.

Di ambil dari Kaskus

0 comments:

Post a Comment